Home About Us

Angin dan Anemometer Sensor

Anemometer dan Data Logger


Angin adalah gerakan alami yang dari udara yang bergerak, sejajar dengan permukaan bumi. Hal ini disebabkan oleh ketidaksamaan atau perbedaan yang diakibatkan oleh proses pemanasan ataupun pendinginan bumi dan atmosfir oleh matahari, yang memproduksi perbedaan tekanan udara. Atmosfir mengganti massa udara untuk menyamakan perbedaan tersebut, lalu kemudian angin pun tercipta.
Mengalir dari area dengan tekanan yang lebih tinggi ke area dengan tekanan yang lebih rendah. Adapun faktor tambahan dari komponen kecepatan dan arah angin adalah rotasi bumi (siang dan malam 24 jam) atau biasa disebut dengan coriollis effect, kondensasi dari uap air, formasi awan, gesekan daratan dan air dan lainnya.

Link Terkait  -  Wind Direction and Speed Sensor
Angin terjadi diberbagai tingkat atau skala. Angin Global, angin level tinggi (jet streams), Angin synoptic (yang dihasilkan oleh perbedaan tekanan dari massa udara), angin local / mesoscale seperti gust (hembusan), angin yang terbentuk oleh perbedaan geografi (seperti angin laut), Angin juga terjadi dibanyak skala yang lebih kecil seperti tornado skala kecil.
Observasi angin diambil dari tempat yang sudah fix (tetap) dengan memakai 2 parameter: kecepatan dan arah angin. Patokan untuk penentuan titik adalah arah utara, arah angin atau udara yang bergerak diukur dari satuan berapa derajat vane berputar. Ini juga untuk menentukan arah kompas (seperti arah utara, timur laut, timur dll). Kecepatan angin untuk mengukur kecepatan pergerakan angina dan biasanya di report dalam satuan mph (mile per hour), kph (kilometer per hour). Laporan untuk operasi maritim dan aeronautical ini dilaporkan dalam satuan knots (nautical mile per hour).
Kecepatan angin dan arahnya secara umum menarik perhatian kita tetapi terbatas untuk disiplin ilmu tertentu seperti meteorologi, Observasi operasi penerbangan dan maritime, konstruksi, teknik sipil, dan olahraga outdoor dan rekreasi, informasi angin sangatlah penting dan kritikal. Tentu karena tingginya frekuensi angin diasosiasikan dengan badai petir, angin puyuh yang sagat penting bagi kita, karena mereka yang menyebabkan kerusakan yang sangat besar dan korban jiwa.
Link Terkait  -  Anemometer
Kecepatan angin dan arah angin dapat diukur dengan variasi tools. Yang paling umum, termasuk pemantau cuaca rumahan, adalah ANEMOMETER yang tipenya terdiri dari rotating vane yang mengukur arah dan shaft dengan cups yang berputar, untuk mengukur kecepatan angin. Skala Beaufort bisa juga dipakai untuk mengawasi kecepatan angin, dan biasanya dipakai untuk ramalan cuaca maritim dan observasi cuaca.
Mayoritas di setiap lapangan terbang mempunyai windsock, yang menyediakan informasi tentang arah dan perkiraan kecepatan angin kepada pilot. Sama dengan wind vanes yang dipakai untuk arah angin. Dan tornado diklasifikasikan kedalam enam kategori di Skala Fujita yang berdasarkan tingkat potensi kerusakan yang ditimbulkan.
signature
Back to top
banner