Home About Us

Jenis-jenis Water Level Data Logger


Pemantau Level Kedalaman Air

Jenis-jenis Water Level Data Logger
Ada dua tipe utama untuk jenis atau tipe Water Level apabila dinilai dari karakter fisik dan pengukuran pressure (tekanannya) – pipa ventilasi yang dilepas dan tidak dilepas.

  • Vented Logger, built-in dengan tabung ventilasi yang memungkinkan data logger tipe ini untuk secara otomatis mengkompensasi atau menambahkan perubahan tekanan atmosfir kedalam kalkulasi water level tersebut. Dengan menyamakan perubahan tekanan atmosferik di kedua sisi sensor tekanan (atas dan bawah), Water Level Data Logger berventilasi yang dirancang dengan baik dan dipelihara dengan baik, mempunyai akurasi yang tinggi
    Memasang Water Level
  • Non-Vented Logger tidak memakai tabung ventilasi. Karakter dari tipe ini adalah semua Data Logger ini, barometric pressure sebagai komponen kalkulasinya dan fungsi software sederhana untuk mengerjakan matematika atau perhitungannya. Saat ini, ada pun jenis Logger non-vented ada yang menggabungkan kedua sensor yaitu sensor yang didalam air dan sensor tekanan barometric diatas air.
Pemasangan Water Level Sensor

Dari kesimpulan diatas, logger yang berventilasi mempunyai potensi untuk menyerahkan akurasi terbaik, unit-unit inipun mempunyai sejumlah keterbatasan yang dapat menimbulkan masalah dan berdampak buruk terhadap data yang telah tersimpan oleh logger. Keterbatasan ini meliputi:
  • Logger berventilasi cocok untuk pemakaian di tempat kering guna perlindungan dari  kelembaban dan berakibat pada menambahnya jumlah biaya perawatan (maintenance) yang diperlukan dan oleh karena itu total ongkos kepemilikan logger lebih mahal. Penumpukan kondensasi atau kelembaban dapat mengakibatkan masalah akurasi.
  • Saat memonitor air yang berisi kontaminan, kita mesti memakai tabung ventilasi bahan tahan kontaminan, dan itu berakibat menambah ongkos Logger, sama halnya Proses dekontaminasi yang diperlukan sebelum Logger bisa dipindah-tangankan.
  • Logger Vented kurang fleksibel dalam hal variasi kedalaman sumur pantau. Panjang kabel tidak bisa diperpanjang tanpa mengirim mereka kembali ke pemasok atau beli kabel baru dan apabila untuk memperpendek, memerlukan kabel melingkar dengan hati-hati tanpa memunculkan lekukan tajam pada kabel yang membuat kabel rusak.
Link Terkait - Water Level Logger


Semua penjelasan tentang keterbatasan ini menyoroti keunggulan logger non-vented, yang lebih kompak, memerlukan perawatan minimal, bisa dengan mudah dipasang di sumur dengan sekian banyak  kedalaman, dan tidak terpapar air banjir.

signature
Back to top
banner