Home About Us

Pendeteksi Petir Tipe Genggam


Pendeteksi Petir Genggam
Lightning Detector Genggam
Detektor Petir atau biasa disebut dengan lightning detector adalah alat yang dipakai untuk mendeteksi area yang berpotensi terjadinya petir. Untuk masalah variasi alat tergantung dari kebutuhan user. Apakah user tersebut seorang profesional weather forecaster, masyarakat biasa atau bahkan pelaku industri penerbangan. Saat ini kita akan membahas tentang Lightning Detector genggam (handheld). Alat ini sangatlah populer diantara para golfer, camper, penegak hukum, sport official dan orang yang sedang melakukan kegiatan di Outdoor. Lightning Detector genggam mendeteksi dengan cara mendetek potensi electromagnetic field pulse (EMP) yang di produksi oleh petir.

Dengan mengukur kadar EMP, unit bisa mendeteksi seberapa jauh sambaran petir telah terjadi. Disaat mendeteksi beberapa sambaran petir, detektor genggam ini bahkan bisa mengkalkulasi dan mengukur arah pola dari gerakan petir yang akan terjadi dan membanding posisi user dengan unit berada.

Bagaimana Cara kerja dari Lightning Detector genggam?
Apakah anda pernah mendengar suara gangguan dari radio AM saat sambaran petir terjadi? Sambaran petir mempunyai gelombang yang berbeda yang bisa di deteksi oleh software ataupun hardware. Melalui aplikasi elektronik dan software, lightning detector handheld bisa mengidentifikasi dan melacak aktifitas badai sejauh 40-70 mil dari lokasi mu.
Antena mendetek elektromagnetik field yang keluar dari aktifitas petir diantara kolom-kolom badai. Hal ini bisa dikonversi kedalam data sinyal digital dan memberikannya kepada microprocessor untuk dianalisa.

Sebagai tambahan untuk mengidentifikasi aktifitas gelombang badai. Lightning Detektor Personal melakukan analisa berkesinambungan kepada EMI (electromagnetic interference) dilokasi anda.
Keterbatasan pada Lightning Detector Personal
Meskipun lightning detector personal bisa melakukan fungsinya dengan baik untuk mendetek petir yang terdekat, Unit fungsi ini sangatlah basic (mendasar) apabila kita bandingkan dengan unit profesional.
Pendeteksi Petir Genggam

Sebagai contoh, mereka tidak bisa mendetek lokasi persis dan arah dari petir apabila bergerak, alat ini hanya bisa mendeteksi kalau di suatu area yang luas akan dan telah terjadi sambaran petir. Juga karena unit tersebut mendeteksi berdasarkan emisi EMP, alat-alat yang mengeluarkan EMP (seperti alat-alat elektronik, rumah tangga, cahaya Fluorescent bahkan mesin mobil saat ini) akan mengganggu pendeteksian dan terkadang akan menimbulkan "false alarm", peringatan yang salah.

Intervensi ini yang menimbulkan pencegahan penggunaan alat ini di dalam ruangan, namun walaupun demikian, popularitas alat ini semakin naik diantara para profesional dan individo yang membutuhkan.

Lightning Detector berbasis PC
Sama dengan lightning Detector Portable, PC lightning detector terkoneksi langsung ke PC dan menyediakan detail sambaran di PC anda. Dengan mengkoneksikan PC lightning detector ke internet, hasil yang akurat akan diperoleh mengenai lokasinya, melalui proses triangulasi yaitu proses penentuan koordinat yang tepat berdasarkan pola-pola dari beberapa sambaran yang telah terjadi.

Pemantauan Petir
Lightning Monitoring System

Link Terkait - Pemantauan Cuaca

Link Terkait - Monitoring Curah Hujan


signature
Back to top
banner