Home About Us

Pendeteksi Petir VS Radar Cuaca


Pemantau Petir Online Jarak Jauh

Pendeteksi Petir VS Radar Cuaca

Detektor kilat / petir vs radar cuaca, kedua unit bekerja bersama untuk mendeteksi potensi badai. Lightning Detector mengindikasikan aktivitas kelistrikan, sementara radar cuaca mengindikasikan potensi hujan. Kedua fenomena ini  diasosiasikan dengan badai petir dan bisa menolong dalam mengindikasikan kekuatan dari badai tersebut.
Ilustrasi Awan Petir
Ilustrasi Siklus Awan Badai
Gambar pertama mengindikasikan siklus badai petir
o  Udara bergerak keatas karena ketidakstabilan
o  Kondensasi terjadi dan radar mendeteksi gelombangnya diatas tanah (area yang diwarnai)
o  Kemudian massa hujan yang akan turun terlalu besar untuk ditampung dan ditahan lalu kemudian hujan turun.

Awan akan terus naik dan membesar pada tahap tertentu sebelum terjadinya kilat atau petir. Jadi secara umum radar cuaca akan mengindikasikan perkembangan badai sebelum lightning detector melakukannya. Hal ini tidak selalu jelas apakah pembentukan dan proses terjadinya awan hujan akan menjadi badai petir. Hal ini dikarenakan proses hujan yg terdeteksi oleh radar cuaca tersamarkan dengan terbacanya pelemahan volume hujan, padahal disaat itu walaupun akan terjadi pelemahan volume hujan, malah akan terjadi badai petir. Pemantau petir tidak mendapat kesulitan untuk mendeteksi pada kondisi yang demikian, itu bisa mendeteksi potensi awan hujan yang akan menjadi badai petir.
Pendeteksi Detektor Petir
Thunderstorm Detector (kiri) dan Contoh pemakaian detector di bangunan (kanan)

Pemakaian Pendeteksi Petir / Kilat di Industri Penerbangan

Penerbangan besar biasanya memakai radar cuaca ketimbang pendeteksi petir, karena radar cuaca bisa mendeteksi badai-badai yang lebih kecil yang bisa mengakibatkan turbulensi, sistem avionik modern sekarang sudah mulai banyak yang memakai pendeteksi petir untuk keamanan tambahan.
Untuk penerbangan yang lebih kecil terutama penerbangan pada umumnya, ada 2 brand utama untuk detektor petir (biasa disebut dengan sferic, short for radio atmospherics) yaitu stormscope produced by L-3 Communications dan Strikefinder produced by Insight. Pendeteksi petir sangat murah dan ringan, membuat mereka sangat atraktif di mata pemilik pesawat ringan, terutama model single engine yang biasanya dipakai sebagai pesawat latih di Indonesia.

signature
Back to top
banner