Home About Us

Apa itu Salinity Absolut dan Apa satuan kuantitas dari Salinity pada umumnya?


Sistem Monitoring Kualitas dan Level Air Multiple Water Sonde Sensor

Absolute Salinity adalah...
Rumus Gibbs

Disaat Practical Salinity Scale diterima di berbagai macam situasi, ada metode baru dalam mengukur nilai salinity. Nilai salinity sebelumnya berasal dari nilai conductivity. Nilai Salinity Absolut menyediakan nilai yang akurat dan konsisten dari sistem termodinamik ini. Salinity Absolut mempunyai nilai yang akurat dan lebih presisi ketimbang satuan PSU (Practical Scale Unit) dan bisa dipakai untuk tidak hanya menghitung salinity di lautan yang terbatas tapi juga dengan range kedalaman dan temperature yang lebih besar. TEOS-10 merupakan rumus Gibbs, yang memerlukan perhitungan yang kompleks namun menawarkan informasi yang berguna.

Link Terkait - Pengertian Salinity

Satuan Salinity
Unit satuan salinity naik turun fluktuatif berdasarkan aplikasi dan prosedur reportnya. PPT (parts per thousand) atau gram/kilogram (1 ppt = 1 g/kg) dipakai sebagai nilai satuan standar. Di sumber air tawar tertentu, report ini dengan satuan mg/L. Sekarang nilai salinity dilaporkan berdasarkan satuan tanpa nilai (Skala Practical Salinity), terkadang menjadi PSU (practical salinity unit). Nilai salinity Absolut di report kedalam g/kg dan disimbolkan SA (salinity absolut). TEOS-10 menawarkan persamaan untuk mengkalkulasi nilai salinity absolut.

Tabel Konversi Satuan Salinitas Air
Metode dan unit satuan yang berbeda dari pengukuran salinity tergantung pada titik acuan 35 dari air laut

Satuan untuk unit psu, ppt dan SA g/kg hampir sama (lebih sering di konversi), ketiganya melalui metode berdasarkan perkiraan nilai salinitas 35 di air laut. bagaimana pun terdapat perbedaan diantara mereka. PSU (practical salinity unit) tidak mempunyai dimensi dan ini berdasarkan studi tentang larutan potasium klorida dan air laut. Studi ini dilakukan dengan 32.4356 g/kg KCL solution dan “Copenhagen water” yang mempunyai nilai klorin sebesar 19.374 ppt. Air laut atlantik utara ini memberikan nilai salinity sebesar 35 psu. PSU mempunyai range dari 2 PSU sampai 42 PSU. Ini adalah satuan yang paling umum dipakai dan psu merupakan satuan yang paling banyak di report di data arsip.

Sejarah definisi salinity berdasarkan konsentrasi klorida (yang ditentukan oleh titrasi). Kalkulasi ini melalui persamaan sebagai berikut :   


Rumus Menentukan Total Salinity
Menentukan total salinity berdasarkan konsentrasi klorida hanya akurat di sumber air yang telah diketahui rasio Klorida-Salinity nya seperti air laut


Metode ini hanya bisa diaplikasikan di air laut dan sumber perairan yang terbatas untuk air tawar dan payau. Sementara salinity dan Chlorinity sangat proporsional jumlahnya di air laut. persamaan ini tidak akurat di air tawar atau dimana rasio klorin berubah.

Link Terkait - Pemantauan Kualitas Air





Salinity absolut dengan g/kg adalah yang terbaik untuk study yang memerlukan data yang presisi. Satuan Ini terdiri dari satuan SI (Standard International) not Imperial Units. Dengan standar satuan ini, memastikan hubungan antara thermodinamika (density, sound, speed dan heat capacity) tetap konsisten. Unit satuan ini juga menentukan kontribusi ion spesifik untuk nilai salinity. Absolut Salinity juga menawarkan range yang lebih besar dan nilai yang lebih akurat ketimbang metode salinity lainnya dimana komposisi ion diketahui di metode ini.

signature
Back to top
banner