Home About Us

Metode Pengukuran Dissolved Oxygen

Portable Dissolved Oxygen Meter


Variasi pengukuran Dissolved Oxygen

Terdapat 3 metode yang ada untuk mengukur konsentrasi Dissolved Oxygen. Teknik yang modern digunakan yaitu dengan menggunakan electromechanical atau menggunakan sensor optik. Sensor Dissolved Oxygen yang menempel di meter untuk mengukur di spot-spotnya langsung dan untuk variasi aplikasi laboratorium, atau menggunakan Data Logger, untuk memonitor proses dan melakukan saving data yang gunanya mengetahui prosesnya menit ke menit atau per satuan waktu.
Metode Cholorimetric menawarkan cara yang paling basic, dan hasilnya pun masih kurang lebih (berupa range) apabila kita ingin menentukan konsentrasi dissolved oxygen. Terdapat dua metode yang didesain untuk range High-range dan Low-range dari konsentrasi Dissolved Oxygen. Metode ini cepat dan murah untuk project yang basic. tapi terbatas untuk scope dan subjectnya dikarenakan kemungkinan bisa tidak presisi, karena redoxing agents yang mungkin akan ada di air yang akan diuji.

Pengukuran Dissolved Oxygen menggunakan Dissolved Oxygen Meter

Dissolved Oxygen bisa diukur oleh colorimetry, sensor meter atau dengan titrasi

Metode Tradisional yaitu adalah metode titrasi Winkler. Sementara metode ini dahulu yang paling akurat dan presisi untuk beberapa tahun lamanya, hal ini sekarang agak ditinggalkan karena masih ada kemungkinan Human-Error dan lebih sulit dieksekusi daripada metode yang lainnya, terutama apabila dilakukan dilapangan. Tetapi sekarang metode basic ini dimodifikasi dalam 7 cara yang berbeda, dan hasilnya sekarang bisa dipakai walaupun dulu sempat ditinggalkan.


Link Terkait - Mengukur Dissolved Oxygen dengan menggunakan variasi jenis sensor

Link Terkait - Mengukur Konsentrasi Dissolved Oxygen menggunakan metode Winkler

signature
Back to top
banner