Home About Us

Perbedaan Turbidity dengan Total Suspended Solid (zat padat tersuspensi)


Alat pengukur turbidity meter pada cairan atau air

Turbidity dan Total Suspended Solid mengindikasikan kehadiran jumlah partikel dikolom air. turbidity dan water clarity (kejernihan air) keduanya merupakan komponen visual berdasarkan penyebaran dan tingkat intensitas cahaya diair. Ketiga parameter tersebut berkorelasi dengan kondisi kolom air, baik langsung maupun tidak langsung. Turbidity ditentukan oleh jumlah cahaya yang menyebar di partikel-partikel kolom air. Sementara itu, pengukuran bisa dilakukan untuk menentukan estimasi jumlah dari konsentrasi total dissolved solid (TDS), hal ini tidak akan akurat. Karena Turbidity tidak termasuk partikel-partikel zat padat yang diam didasar laut (sedimen yang bergerak disepanjang dasar sungai atau laut). Dan juga, pengukuran turbidity kemungkinan bisa dipengaruhi oleh Color Dissolved Organic Matter (CDOM) atau biasa kita sebut dengan Material Berwarna Organik yang terlarut. Sementara material terlarut tidak termasuk didalam Pengukuran Total Suspended Solid (TSS), hal ini bisa menyebabkan pembacaan turbidity yang rendah karena penyerapan cahaya, padahal disebarkan cahaya tersebut oleh partikel-partikel.
tabel pembagian partikel turbidity dan total suspended solid
Ball Diagram tentang pembagian jenis-jenis partikel Turbidity dengan Total Suspended Solid
Dilain hal, Total Suspended Solid adalah total pengukuran jumlah dari material padat per volume air. Dengan kata lain TSS adalah pengukuran spesifik dari semua zat padat yang tersuspensi, baik organik maupun anorganik, jumlah bobot massanya. TSS bisa termasuk zat padat yang mengendap dan juga pengukuran langsung dari adanya total solid (total zat padat) dikolom air. Jadi, total suspended solid (TSS) bisa mengkalkulasi tingkat sedimentasi, sementara turbidity tidak bisa.

Kejernihan air (water clarity) sangat berkaitan erat dengan penetrasi cahaya matahari. Dan ini biasanya ditentukan oleh jumlah zat padat tersuspensi (suspended solid) di air, ini juga bisa dipengaruhi oleh color dissolved organic matter (CDOM) dan zat padat terlarut lainnya. Kejernihan air merupakan pengukuran yang paling subyektif dari ketiga parameter, dan hal ini ditentukan oleh faktor human error, atau siapa yang melakukan observasinya.
Air keruh tingkat turbidity level
Apakah air tersebut jernih, atau buram atau hanya sedikit berwarna? Observasi manusia terhadap kejernihan mempengaruhi persepsi dan penilaian personal
Karena pentingnya pemantauan serta pengukuran dari Turbidity dan Total Suspended Solid ini, Untuk itu, kami Mealabs-Environment Indonesia menawarkan salah satu produk kami, Turbidity Meter untuk pengukuran di laboratorium ataupun di site. Kami juga menawarkan sistem pemantauan kualitas air jarak jauh, Water Quality Remote Monitoring System Untuk pertanyaan lebih lanjut, bisa hubungi kami di kontak dibawah ini.

signature
Back to top
banner